Kerjasama Antar Media Diperlukan, Pentingnya Pencatutan Copyright - Peristiwa Indonesia

Sumber Berita Harian Online yang Cepat, Tepat, dan Terpercaya. Menyajikan Berbagai Kisah Serta Peristiwa Menarik Yang Terjadi Di Indonesia Dan Dunia.

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad


Rabu, 25 April 2018

Kerjasama Antar Media Diperlukan, Pentingnya Pencatutan Copyright

 Kerjasama Antar Media Diperlukan, Pentingnya Pencatutan Copyright

Pelanggaran hak cipta menjadi isu yang seksi dalam industri kreatif. Tidak hanya menyoal konten film, buku dan musik, tapi juga pemberitaan di media daring maupun akun gosip di sosial media.

Tak sekali ditemukan berita yang wawancaranya dilakukan secara eksklusif, dicomot tanpa menyebutkan sumber. Padahal pencatutan sumber ini hal penting menurut Steve Christian selaku CEO KapanLagi Youniverse (KLY).

Peristiwa lainnya


"Kita harus saling menghargai copyright. Katakanlah ada satu konten atau berita pertama kali ditulis oleh media A, ada baiknya setiap kali pemberitaan diulang disebutkan bahwa sumber konten ini diambil atau dilansir dari media A.

Praktek seperti itu belum dilakukan di sini (Indonesia)," kata Steve dalam jumpa pers di acara XYZ Day 2018 di The Hall Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).

 Kerjasama Antar Media Diperlukan, Pentingnya Pencatutan Copyright


"Di luar (negeri) seperti kita baca Times, setiap ada berita dari media lain dicantumkan berita ini dikutip dari mana. Hal seperti ini yang harus dilakukan untuk membangun media di Indonesia," ucapnya.

Peristiwa lainnya


Acuan media di Indonesia bukan lagi antar vertikal. Melainkan mencakup semua media pemberitaan daring yang tumbuh secara signifikan di Indonesia. Karena menurut Steve, saingan bukan lagi media dalam negeri, tetapi media asing.

"Karena perkembangan digital industry itu semakin pesat, saingan kita sih bukan antar media di Indonesia, tapi media asing. Kita bisa sebut frienemies, friend tapi juga enemy. Karena kita berperang dalam kue yang sama. Kita sebagai penggerak media harus banyak kerjasama," tegasnya.

Sumber : kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

indosportbook.com

Pages