TMNT ternyata beneran ada dan berada di Australia - Peristiwa Indonesia

Sumber Berita Harian Online yang Cepat, Tepat, dan Terpercaya. Menyajikan Berbagai Kisah Serta Peristiwa Menarik Yang Terjadi Di Indonesia Dan Dunia.

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad


Senin, 16 April 2018

TMNT ternyata beneran ada dan berada di Australia


 TMNT ternyata beneran ada dan berada di Australia

Australia di mata wisatawan adalah negeri yang punya banyak hewan unik. Nah turis juga mesti tahu soal kura-kura berambut punk yang bernafas lewat pantat.

Melansir CNN, Senin (16/4/2018), inilah Mary River Turtle dengan nama latin Elusor Macrurus. Kura-kura ini berhabitat di Sungai Mary, sebelah tenggara negara bagian Queensland, Australia.

Peristiwa lainnya : Netizen Tercengang Melihat Wujud Asli Ikan Duyung Yang Akhirnya Terungkap di Perairan China

Queensland adalah destinasi bagi turis yang ingin berdekatan dengan hewan-hewan asli Australia. Cuma di Queensland, turis boleh memeluk koala di kebun binatang.

Ada lebih banyak lagi hewan khas Australia hidup di habitatnya di alam liar seperti platypus dan kanguru. Namun Mary River Turtle lebih unik dan ajaib lagi. Hewan ini sungguh aneh tapi nyata.



Kura-kura Ajaib Australia, Rambutnya Punk, Nafasnya dari PantatKura-kura ini bernafas dari pantat (CNN)

Kemampuan Mary River Turtle yang tidak biasa adalah organ pernafasan di bawah air. Dia diketahui bernafas melalui kelenjar khusus di kloaka, bagian anatomi tubuh dekat saluran pembuangan dan reproduksi.

Fungsi biologis ini memungkinkan kura-kura yang disebut sebagai 'butt breather', bernafas lewat pantat. Dia bisa tetap berada di bawah air hingga tiga hari.

Peristiwa lainnya : Penampakan Telinga Burung Gagak yang Unik dan Aneh

Rambut mohawk ini adalah alga yang tumbuh di kepala mereka. Tumbuhnya itu juga dikarenakan kura-kura ini menghabiskan waktu yang lama ketika menyelam.

Rikki Gumbs, seorang ahli biologi reptil di Zoological Society London (ZSL) mengatakan tahun 1960-an dan 1970-an, kura-kura mohawk ini marak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal itu berisiko menjadikannya hewan amfibi yang terancam punah ketika mereka pertama kali dikenali spesiesnya pada tahun 1990-an.

TMNT ternyata beneran ada dan berada di Australia


Kura-kura Ajaib Australia, Rambutnya Punk, Nafasnya dari PantatRambut punk hijaunya adalah alga (Reuters)

"Kura-kura membutuhkan waktu lama untuk mencapai kematangan seksual, di antara umur 25 hingga 30 tahun. Karena kerentanan spesies mereka terlambat ditemukan, kami kehilangan satu generasi karena perdagangan itu dan sekarang populasi mereka sangat kecil," kata Rikki.

Kini, kura-kura mohawak ada di nomor 29 pada daftar Evolutionarily Distinct and Globally Endangered. Peringkat tertinggi adalah kura-kura berkepala besar Madagaskar, yang berisiko karena eksploitasi manusia untuk makanan dan perdagangan.

Ada pula penyu laut terbesar di dunia, penyu belimbing, dan gharial, buaya yang ditemukan di sungai Nepal dan India utara. Baik kura-kura air tawar maupun penyu berada di bawah ambang batas untuk selalu dilindungi.

Yuk semua traveler agar bijak dalam memilih hewan peliharan. Biarlah hewan yang seharusnya di alam agar tetap di habitatnya dan menjaga keseimbangan ekosistem kita.

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

indosportbook.com

Pages