Penampakan Telinga Burung Gagak yang Unik dan Aneh - Peristiwa Indonesia

Sumber Berita Harian Online yang Cepat, Tepat, dan Terpercaya. Menyajikan Berbagai Kisah Serta Peristiwa Menarik Yang Terjadi Di Indonesia Dan Dunia.

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad


Senin, 16 April 2018

Penampakan Telinga Burung Gagak yang Unik dan Aneh

 Penampakan Telinga Burung Gagak yang Unik dan Aneh

Burung memang tidak seperti mamalia yang memiliki daun telinga. Itu karena mereka tidak memilik bentuk dan hanya berupa sebuah lubang di pinggir kepala mereka.

Untuk kamu yang penasaran seperti apa telinga burung, kamu bisa menyaksikan video yang diunggah oleh pelatih burung gagak Olly Peckar. Sembari mengelus-elus burung gagak, Peckar memperlihatkan bagaimana bentuk telinga peliharannya itu.

Peristiwa lainnya : Netizen Tercengang Melihat Wujud Asli Ikan Duyung Yang Akhirnya Terungkap di Perairan China

Ternyata telinga burung gagak memiliki bentuk yang unik. Di pinggir kepala gagak tersebut terdapat seperti lubang berbentuk persegi panjang.

 Telinga Gagak
.
Burung tidak memiliki daun telinga, sebagai gantinya mereka punya koklea (rumah siput). Kemampuan pendengarannya ini sangat tajam, dan bisa mengetahui sumber datangnya suara.

"Karena burung tidak memiliki telinga luar, banyak yang mengira mereka tidak bisa mengetahui asal suara yang berasal dari ketinggian yang berbeda dari mereka," kata Hans A. Schnyder dari Technische Universität München di Jerman dilansir Science Alert.

"Tapi gagak betina ternyata bisa menemukan pasangan ketika mendengar suara nyanyian yang ada di atasnya."




Pada 2014 lalu, Schnyder dan timnya melakukan penyelidikan terhadap pendengaran tiga spesies unggas, yakni gagak, bebek, dan ayam.

Mereka menemukan bahwa burung-burung tersebut mampu mengidentifikasi suara yang datang dari berbagai sudut elevasi karena kepala mereka yang berbentuk oval, sehingga dapat memproses gelombang suara dengan cara yang mirip dengan telinga luar mamalia.

Burung dapat menerima beragam suara pada volume yang berbeda, dan ini membantu mereka mengetahui arah suara berasal.

Perbedaan bentuk gendang telinga memungkinkan otak burung mengetahui apakah suara itu datang dari atas, bawah, atau sejajar dengan mereka.

Kalau kamu masih penasaran dengan bentuk-bentuk lubang telinga burung, kamu bisa melihat contoh lubang telinga milik burung hantu dalam video di bawah ini.

Sumber : kumparan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

indosportbook.com

Pages