Viral Kemunculan Langka Lapisan Es di Mahameru - Peristiwa Indonesia

Sumber Berita Harian Online yang Cepat, Tepat, dan Terpercaya. Menyajikan Berbagai Kisah Serta Peristiwa Menarik Yang Terjadi Di Indonesia Dan Dunia.

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad


Senin, 16 April 2018

Viral Kemunculan Langka Lapisan Es di Mahameru


 Viral Kemunculan Langka Lapisan Es di Mahameru

Lapisan salju tiba-tiba muncul di Mahameru atau Puncak Gunung Semeru, Jawa Timur. Uniknya salju ini muncul ketika musim pancaroba.

Lapisan es ini muncul di beberapa titik bebatuan di jalur pendakian. Ketebalan salju itu mencapai 2 sentimeter. Penampakan langka ini langsung saja membuat heboh di media sosial.

"Sobat hijau, peristiwa yang tidak biasa berupa lapisan es muncul di Puncak Gunung Semeru. Lapisan dengan ketebalan ± 2 cm dapat ditemukan disela-sela bebatuan jalur pendakian menuju puncak Mahameru," tulis akun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Twitternya, Sabtu (14/4/2018).



Kementerian LHK menyebut peristiwa itu belum pernah dijumpai di kawasan puncak gunung. Selama ini lapisan es hanya dijumpai di Ranu Kumbolo dan Oro-oro Ombo.

"Diperkirakan muncul es tersebut karena cuaca sangat dingin di Puncak Gunung Semeru sekitar - 10°C," ujarnya.



Peristiwa ini pun dianggap sebagai kejadian yang unik. Sebab tak biasanya lapisan es muncul di kala musim pancaroba.

"Selama saya bekerja di TN Bromo Tengger Semeru belum pernah menjumpai fenomena ini, padahal sekarang masih di musim pancaroba, karena kejadian lapisan es biasanya terjadi di musim panas sekitar bulan Agustus," ucap Kepala Resort Ranupane SPTN III BBTN Bromo Tengger Semeru, Agung Siswoyo.

Sebagai informasi Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggian Puncak Mahameru yang pernah tercatat adalah 3.676 Mdpl.

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

indosportbook.com

Pages