Pengadaan Tong Sampah Serap Anggaran Lebih Dari Rp 9,5 Milyar - Peristiwa Indonesia

Sumber Berita Harian Online yang Cepat, Tepat, dan Terpercaya. Menyajikan Berbagai Kisah Serta Peristiwa Menarik Yang Terjadi Di Indonesia Dan Dunia.

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad


Senin, 04 Juni 2018

Pengadaan Tong Sampah Serap Anggaran Lebih Dari Rp 9,5 Milyar


Jakarta - Pengadaan tong sampah buatan Jerman oleh Pemprov DKI Jakarta tahun ini sebanyak 2.600-an unit. Untuk tahun ini rupanya pengadaan tong sampah tersebut menyerap anggaran hingga Rp 9,51 miliar.

"Harga satuannya Rp 3,6 juta, kemudian ongkos kirim seluruhnya sekitar Rp 79 juta. Dari Rp 12,6 miliar yang dianggarkan, kita menyerap Rp 9,51 miliar. Sisa anggarannya kembali ke kas daerah, sehingga ini penghematan," papar Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Hary Nugroho, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (4/6/2018).

Hary menegaskan, pihaknya membeli tong sampah itu berdasarkan mekanisme yang berlaku melalui e-Catalogue di LKPP. Pada e-Catalogue LKPP, memang hanya ada 11 produk tempat sampah dengan spesifikasi beragam. Produsennya berasal dari China, Jerman, dan Indonesia.

Namun untuk produsen asal Indonesia, hanya terdapat produk berkapasitas 6-8 meter kubik. Harganya berkisar antara Rp 26.000.000 sampai Rp 29.000.000 per unit.

Peristiwa lainnya

Untuk produk tempat sampah sesuai spesifikasi yang dibeli Pemprov DKI, tercantum di situs e-Catalogue LKPP harganya yakni US$ 253,62 (harga pemerintah) dan US$ 292,60 (harga retail). Harga terakhir diperbaharui pada Juli 2015.

"Kalau dari segi proses pengadaan, kami clean and clear," imbuh Hary.

Hary lantas bercerita, mulanya Pemprov DKI membuat daftar spesifikasi untuk tempat sampah. Kemudian Pemprov DKI melihat produk yang ada di e-Catalogue dan ternyata ada yang sesuai.

"Karena sudah ada di e-Catalogue, makanya kita langsung klik saja karena kita nggak bisa penunjukkan langsung. Kalaupun barangnya tidak ada di e-Catalogue, maka harus ada lelang," ujar Hary.

Pengadaan tempat sampah buatan Jerman dengan merek Weber itu sudah dilakukan sejak tahun lalu. Pada tahun 2017, pengadaannya yakni 1.000 unit.

SUMBER: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

indosportbook.com

Pages