BPPTKG Akan Selidiki Kebakaran Hutan Sekitar Gunung Merapi - Peristiwa Indonesia

Sumber Berita Harian Online yang Cepat, Tepat, dan Terpercaya. Menyajikan Berbagai Kisah Serta Peristiwa Menarik Yang Terjadi Di Indonesia Dan Dunia.

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

MACAUBET

Jumat, 01 Juni 2018

BPPTKG Akan Selidiki Kebakaran Hutan Sekitar Gunung Merapi


Sleman - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) akan meneliti terbakarnya hutan di barat laut Merapi pagi tadi. Namun, BPPTKG menyebut terbakarnya hujan tersebut bukan karena awan panas.

"Perlu verifikasi di lapangan ya. Nanti mungkin teman-teman pos akan menuju ke lapangan," kata Kepala Seksi Merapi BPPTKG, Agus Budi Santoso kepada wartawan di Kantor BPPTKG, Jumat (1/6/2018).

Berdasarkan informasi dari BPPTKG, terbakarnya hutan tersebut karena material jatuhan atau balistik yang masih panas. Menurut Agus fenomena tersebut tergolong wajar.

"Rekomendasi kami untuk mensterilkan aktivitas manusia di radius tiga kilometer," jelasnya.

Peristiwa lainnya

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida menambahkan, pihaknya akan mencari penyebab terbakarnya hutan di barat laut Merapi. Petugas, lanjut Hanik, akan diperintahkan untuk mengecek peristiwa tersebut.

"Jadi kalau sekarang kita cari informasi yang eksaknya, penyebabnya," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar menjelaskan bahwa di Pos PGM Jrakah dan Babadan teramati asap putih di area hutan di sektor barat laut Merapi. Hal itu mengindikasikan ada yang terbakar.

"(Asap putih tersebut) mengindikasikan adanya vegetasi yang terbakar," sebutnya.

SUMBER: detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

indosportbook.com

Pages