Presiden Korsel Akan Ikut Dalam Pertemuan Korut Dengan Amerika - Peristiwa Indonesia

Sumber Berita Harian Online yang Cepat, Tepat, dan Terpercaya. Menyajikan Berbagai Kisah Serta Peristiwa Menarik Yang Terjadi Di Indonesia Dan Dunia.

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

MACAUBET

Selasa, 29 Mei 2018

Presiden Korsel Akan Ikut Dalam Pertemuan Korut Dengan Amerika


Rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un masih terus dibahas. Ada kemungkinan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In akan ikut hadir dalam pertemuan yang direncanakan 12 Juni mendatang di Singapura.

Sejumlah laporan yang dikutip Channel News Asia dan Reuters, Senin (28/5/2018), menyebut seorang pejabat Korut dan sejumlah pejabat AS dilaporkan telah berangkat ke Singapura untuk
mempersiapkan rencana pertemuan bersejarah itu.

Peristiwa lainnya

Menurut laporan kantor berita Korsel, Yonhap, seorang pejabat pemerintah dari kantor kepresidenan Korsel menyatakan bahwa Moon kemungkinan besar akan melakukan kunjungan ke Singapura pada 12 Juni nanti.

"Pembahasannya baru saja dimulai, jadi kita masih menunggu untuk melihat bagaimana hasilnya, tapi bergantung pada hasilnya, Presiden (Moon) bisa bergabung dengan Presiden Trump dan Pemimpin Kim di Singapura," ujar pejabat kantor kepresidenan Korsel yang enggan disebut namanya itu.

Informasi dari pejabat Korsel itu memicu spekulasi pertemuan tingkat tinggi tiga pihak, yakni Trump, Kim Jong-Un dan Moon di Singapura.

Disebutkan Yonhap, pertemuan tingkat tinggi tiga pihak atau three-way summit sebenarnya diajukan oleh Moon dan Kim Jong-Un saat pertama bertemu di desa perbatasan Panmunjom pada 27 April lalu. Moon kembali mengusulkan hal yang sama pada Minggu (27/5) waktu setempat, atau sehari setelah pertemuan terbaru dengan Kim Jong-Un yang mengejutkan publik.

"Jika pertemuan tingkat tinggi Korea Utara-AS sukses, saya ingin melihat upaya-upaya untuk mengakhiri perang (Korea) secara formal melalui pertemuan tingkat tinggi tiga pihak antara Korsel, Korut dan AS," tutur Moon dalam press briefing.

Peristiwa lainnya

Diungkapkan Trump pada Minggu (27/5) waktu setempat, tim dari AS telah tiba di Korut untuk mempersiapkan dan mengajukan pertemuan antara dirinya dengan Kim Jong-Un, yang sempat dibatalkan Trump secara sepihak. Dalam pernyataan terpisah, Gedung Putih menyebut tim pendahuluan dari AS telah bertolak ke Singapura pada Minggu (27/5) pagi waktu setempat untuk mengupayakan logistik.

Sedangkan dari Korut, Yonhap melaporkan bahwa seorang pejabat Korut bernama Kim Chang-Son, yang merupakan kepala staf Kim Jong-Un, telah tiba di Beijing, China pada Senin (28/5) ini dan akan melanjutkan penerbangan ke Singapura pada sore hari.

Seorang anggota parlemen Korsel, Park Jie-Won mengatakan, Kim Jong-Un nantinya juga akan transit di Beijing sebelum melanjutkan penerbangan ke Singapura. Park menyebut jet pribadi Kim Jong-Un tidak bisa langsung terbang ke Singapura. "Saya memperkirakan Kim akan bertemu lagi dengan Xi (Jinping) ketika transit di China sebelum terbang ke Singapura," tutur Park seperti dikutip Yonhap.

SUMBER:DETIK.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

indosportbook.com

Pages