Masalah Jika DP Motor Terlalu Murah Di Indonesia - Peristiwa Indonesia

Sumber Berita Harian Online yang Cepat, Tepat, dan Terpercaya. Menyajikan Berbagai Kisah Serta Peristiwa Menarik Yang Terjadi Di Indonesia Dan Dunia.

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 29 Mei 2018

Masalah Jika DP Motor Terlalu Murah Di Indonesia


 Sepeda motor masih menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat yang ingin pergi ke kampung halaman. Salah satu caranya, membeli tunggangan baru untuk digunakan mudik Lebaran.

Apalagi membeli motor baru saat ini terbilang mudah. Beberapa perusahaan pembiayaan menawarkan uang muka rendah sekitar Rp300-Rp500 ribu. Momen ini semakin dimanfaatkan banyak orang.

Akan tetapi hal ini menjadi masalah. Deputy Director Head of Retail Motorcycle Financing PT Adira Dinamika Multi Finance, Andy Sutanto, mengatakan masih banyak pembeli motor yang menunggak membayar angsuran setelah musim mudik berakhir.

Peristiwa lainnya

“Setelah mudik, angsuran motor itu enggak dibayar, jadi seperti nyewa motor baru saja untuk pulang kampung,” ujarnya di Jakarta, Senin, 28 Mei 2018.

Menurut dia, untuk mengurangi potensi tunggakan kredit setelah lebaran, perusahaannya lebih seleksi lagi untuk pengambilan motor baru.

“Karena dari dahulu ada tren seperti itu, kami pasti kecolongan juga, tapi bisa diminimalisir setiap tahunnya. Kami punya NPL (non performing loan) itu 1,6 persen,” tuturnya.

Andy juga membeberkan modus lain yang juga sering dilakukan konsumen 'nakal', yakni dengan cara meminjam kartu identitas orang lain yang memiliki kredibilitas bagus di mata jasa penyedia keuangan.

Jika hal itu terjadi, maka otomatis nama pemilik kartu identitas menjadi tercoreng.“Banyak kasus juga, orang pinjam KTP konsumen yang bayar, hanya pinjam nama (yang) kredibilitasnya masih bagus," kata dia.

SUMBER:VIVA.CO.ID

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages